Jumat, 21 Juni 2013

makalah DBMS



MAKALAH SISTEM MANEJEMEN BASIS DATA (DBMS)







Nama: Ade Fajar Gustian
Nim  :









STIMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA
KAMPUS B RAWA DENOK
2013






























BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar belakang
Sistem manajemen basis data database manajemen system (DBMS) adalah suatu system atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengolah suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
.           Contoh tipikal DBMS adalah akuntansi, sumber daya manusia, dan system pendukung pelanggan, DBMS telah bekembang menjadi bagian standar dibagian pendukung (back office) suatu perusahaan. Contoh DBMS adalalah oracle, SQL server 2000/2003,MS Access, MySQL dan sebagainya.
Selain dalam bentuk flat file penyimpanan data dapat dilakukan dengan program bantu seperti spreadsheet. Oleh karena itu dengan menggunakan perangkat lunak ini akan memperbaiki beberapa kelemahan dari flat file, seperti bertambahnya kecepatan dalam pengolahan data. namun demikian metode ini masih memiliki banyak kelemahandiantaranya adalah masalah manajemen dan keamanan data yang masih kurang.

1.2 Rumusan Masalah
1.     Pengertian DBMS (sistem manajemen basis data)
2.     Hal – hal yang perlu diketahui dalam DBMS












































BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Data Base Management System (DBMS)/Sistem Manajemen  Basis  Data (SMB)
sistem manajemen basis data atau DBMS merupakan perangkat lunak yang dapat melakukan utilisasi dan mengola koleksi data dalam jumlah yang besar. DBMS juga di rancang untuk melakukan manipulasi data secara lebih muda. Sebelum adanya DBMS, data pada umumnya disimpan dalam bentuk flat file, yaitu file teks yang ada pada sistem operasi
DBMS dapat diartikan sebagai program komputer yang digunakan untuk memasukkan, mengubah, menghapus, memodifikasi dan memperoleh data/informasi dengan praktis dan efisien.

2.2   Kelebihan dari DBMS antara lain adalah:
a.     Kepraktisan DBMS menyediakan media penyimpan permanen yang berukuran kecil namun  banyak menyimpan data jika dibandingkan dengan menggunakan kertas.
b.       Kecepatan. Komputer dapat mencari dan menampilkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
c.       Mengurangi kejemuan; Pekerjaan yang berulang-ulang dapat menimbulkan kebosanan bagi manusia, sedangkan mesin  tidak merasakannya. Update to date; Informasi yang tersedia selalu berubah dan akurat setiap.
d.      Meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan data
e.       Memudahkan pengguna dalam menggali informasi dari kumpulan data

2.3 Keuntungan-keuntungan dalam penggunaan DBMS antara lain adalah:

a.       Pemusatan kontrol data. Dengan satu DBMS di bawah kontrol satu orang atau kelompok   dapat menjamin terpeliharanya standar kualitas data dan keamanan batas penggunaannya serta dapat menetralkan konflik  yang terjadi dalam persyaratan data dan integritas data dapat terjaga.
b.      Pemakaian data bersama (Shared Data). Informasi yang ada dalam basis data dapat digunakan lebih efektif dengan pemakaian beberapa user dengan kontrol data yang terjaga.
c.        Data yang bebas (independent). Program aplikasi terpisah dengan data yang disimpan dalam komputer.
d.      Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru.
e.       Pemakaian secara langsung. DBMS menyediakan interface yang memudahkan pengguna dalam mengolah data.
f.       Data yang berlebihan dapat dikontrol. Data yang  dimasukkan dapat terjadi kerangkapan (redudant), untuk itu DBMS berfungsi untuk menurunkan tingkat redudancy dan pengelolaan proses pembaruan data.
g.      Pandangan user (user view). Ada kemungkinan basis data yang diakses adalah sama, maka DBMS mampu mengatur interface yang berbeda dan disesuaikan dengan pemahaman tiap user terhadap basis data menurut kebutuhan.

2.4 Kelemahan-kelemahan DBMS antara lain:
a.       Biaya Kebutuhan untuk medapatkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat cukup mahal, termasuk biaya pemeliharaan dan sumber daya  manusia yang mengelola basis data tersebut.
b.      Sangat kompleks. Sistem basis data lebih kompleks dibandingkan dengan proses berkas, sehingga dapat mudah terjadinya kesalahan dan semakin sulit dalam pemeliharaan data.
c.       Resiko data yang terpusat. Data yang terpusat dalam satu lokasi dapat beresiko  kehilangan data selama proses aplikasi.
d.      Memerlukan suatu skill tertentu untk bisa melakukan administrasi dan manajemen database agar dapat diperolehh struktur dan relasi data yang optimal.
e.       Memerlukan kapasitas penyimpanan baik eksternal disc maupun internal memory agar DBMS dapat bekerja cepat dan efisien.
f.       Kebutuhan akan sumber daya resources biasanya cukup tinggi.
g.      apabila DBMS gagal menjalankan misinya maka tingkat kegagalan menjadi lebih tinggi Karena banyak pengguna bergantung pada sistem ini.






2.5 Komponen DBMS
Komponen-komponen DBMS (Howe,1991) terdiri dari:
a.       Interface, yang didalamnya terdapat bahasa manipulasi data (data manipulation    language)   Bahasa definisi data (data definition language) untuk skema eksternal, skema konsepsual dan skema internal.
b.      Sistem kontrol basis data (Database Control System) yang mengakses basis data karena adanya perintah dari bahasa manipulasi data.
Contoh bahasa menggunakan komponen-komponen tersebut adalah SQL (Structured Query Language). SQL merupakan bahasa standar yang digunakan oleh kebanykan aplikasi-aplikasi DBMS

2.6  Fitur Umum DBMS
Beberapa fitur yang secara umum tersedia dalam DBMS yaitu :
1.      Keamanan : DBMS menyediakan sistem pengamanan data sehingga tidak mudah diakses oleh orang yang tidak memilki hak akses.
2.      Independensi ; DBMS menjamin independesi antara data dan program, data tidak bergantung pada program yang mengaksesnya karena struktur datanya dirancang berdasarkan kebutuhan informasi bukan berdasarkan struktur program. sebaliknya program juga tidak bergantung pada data, sehingga walaupun struktur data diubah program tidak perlu berubah.
3.      Konkruensi/ data sharing ; data dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa penguna karena manajemen data dilaksanakan oleh DBMS.
4.      Intregitas ; DBMS mengolah file – file data serta relasinya dengan tujuan agar data selalu dalam keadaan valid dan konsisten.
5.      Pemulihan : DBMS menyediakan fasilitas untuk memulihkan kembali file-file data ke keadaan semula sebelum terjadinya (eror) gangguan baik kesalahan perangkat keras maupun kesalahan perangkat lunak.
6.      Kamus/ catalog system :DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau catalog sytem yang menjelaskan deskripsi dari file-file data yang terkandung dalam basis data.
7.      Perangkat produktifitas : DBMS menyediakan sejumlah perangkat produktifitas sehingga memudahkan para penguna untuk menarik manfaat dari data base, misalnya report generator  (pembangkit laporan ) query generator (pembangkit query/pencarian informasi).

































2.1 Evolution of DB Systems
Pada zaman kuno ketika tidak ada komputer, data mulai disimpan dalam repositori data tebal, yang disebut buku. Dan akhirnya dengan peningkatan teknologi dan perluasan pengetahuan seluruh masyarakat buku ditransfer ke nyata pertama "database" perpustakaan. Tujuan utama dari database adalah untuk memastikan bahwa data dapat disimpan dan diambil dengan mudah dan efektif. Ini adalah kompilasi data (record) dalam cara yang terstruktur. Dalam database, informasi yang disimpan dalam bentuk tabel dimana data mungkin atau mungkin tidak saling terkait. Oleh karena itu kita dapat mengatakan bahwa pada dasarnya database merupakan kompilasi dari file database dan setiap file database lanjut kumpulan catatan.
Evolution of DB Systems
• Flat files - 1960s - 1980s
• Hierarchical – 1970s - 1990s
• Network – 1970s - 1990s
• Relational – 1980s – present
• Object-oriented – 1990s – present
• Object-relational – 1990s – present
• Data warehousing – 1980s – present
• Web-enabled – 1990s – present
2.2 Flat file (1960 - 1980)
Disini saya akan Menjelakan Salah satu dari Model Data Base yaitu Flat file (1960 - 1980) Database flat file adalah database yang menyimpan informasi dalam satu file atau meja. Dalam file teks, setiap baris berisi satu catatan di mana bidang baik telah tetap panjang atau mereka dipisahkan oleh koma, spasi putih, tab atau karakter lain. Dalam file database datar, tidak ada hubungan struktural antara catatan dan mereka tidak dapat berisi beberapa tabel juga.
Ini melihat pelaksanaannya di akhir tahun 60-an, ketika teknologi komputer telah mengambil beberapa langkah pertama. Sistem database tradisional atau lebih tepatnya kuno adalah penggunaan file untuk menyimpan data dalam dimensi, struktur tabel agak dua. Program-program yang akan memproses data ini harus mengetahui hubungan sebenarnya antara bagian yang berbeda dari data sebelum tangan. Relasi harus dikodekan ke dalam program. Untuk itu diperlukan integrasi yang erat dengan program-program, seperti penggunaan 'Divisi Data' dalam COBOL atau 'struct' di C.
Sistem manajemen file juga disebut sebagai FMS singkatnya adalah satu di mana semua data disimpan pada file tunggal yang besar. Kelemahan utama dalam sistem ini adalah mencari catatan atau data membutuhkan waktu yang lama. Ini mengarah pada pengenalan konsep, pengindeksan dalam sistem ini. Kemudian juga sistem FMS memiliki banyak kelemahan untuk beberapa seperti memperbarui atau modifikasi data tidak dapat ditangani dengan mudah, menyortir nama catatan mengambil waktu yang lama dan sebagainya. Semua kelemahan ini menyebabkan pengenalan Sistem Database hirarkis.
Keterbatasan sistem ini adalah bahwa ia tidak memiliki skalabilitas - sekali dilaksanakan, untuk menambahkan fitur baru atau skema data, coding harus dilakukan lagi. Juga, jika ada diperlukan pertukaran baru data antar program, seseorang harus bangun lagi untuk coding migrasi data. Tidak ada standar.
2.3 Keuntungan dan Kekurangan Flat file (1960 - 1980)
Keuntungan:
File database datar yang terbaik untuk database kecil. Sangat mudah untuk memahami dan melaksanakan. Sedikit keterampilan yang diperlukan untuk menangani file database flat. Kurang perangkat keras dan perangkat lunak keterampilan yang diperlukan untuk memelihara file database flat.
Kekurangan:
Sebuah flat file dapat berisi bidang yang menduplikasi data karena tidak ada otomatisasi dalam flat file. Jika salah satu record yang akan dihapus dari database flat file, maka semua informasi yang relevan di berbagai bidang harus dihapus secara manual membuat manipulasi data tidak efisien. Database flat file buang ruang komputer dengan persyaratan untuk menjaga informasi pada item yang logis tidak dapat tersedia. Mengambil informasi sangat memakan waktu dalam database yang besar. Implementasi database flat file.
File database datar diimplementasikan dalam:



·         Berkeley DB
·         SQLite
·         Peniruan
·         TheIntegrationEngineer dll



























































BAB    III
PENUTUP


3.1 KESIMPULAN
Sistem manajemen basis data adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, mengases basis data dengan cara praktis dan efisien.
Beberapa fitur DBMS secara umum adalah keamanan, independensi,konkruensi/ data sharing, intregitas, pemulihan, kamus/catalog system, perangkat produktifitas.
Keunggulan dari DBMS adalah mengurangi duplikasi data, menjaga consistentsi dan integritas data, meningkatkan keamanan data, efisiensi dan efektifitas penggunaan data, meningkatkan produktifitas para pengguna data.
Kelemahan DBMS adalah Memerlukan suatu skill tertentu untuk bisa melakukan administrasi dan manajemen database agar dapat diperolehh struktur dan relasi data yang optimal, Memerlukan kapasitas penyimpanan baik eksternal disc maupun internal memory agar DBMS dapat bekerja cepat dan efisien. Kebutuhan akan sumber daya resources biasanya cukup tinggi. apabila DBMS gagal menjalankan misinya maka tingkat kegagalan menjadi lebih tinggi Karena banyak pengguna bergantung pada sistem ini. Harga DBMS yang handal biasanya sangat mahal.

3.2 SARAN
sebikanya para user menggunakan DBMS karena DBMS menyediakan saran antar muka (interface) dalam mengakses data secara  efisien tanapa harus melihat kerumitan atau detail tentang cara data di rekam dan di pelihara.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar